SELAMAT DATANG, WILUJENG SUMPING DAN TERIMA KASIH, HATUR NUHUN, ATAS KUNJUNGANNYA DI WEBSITE KAMI

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 SINGAPARNA

NPSN : 20210740

Jl.Pahlawan KH.Z Musthafa Singaparna Tasikmalaya 46416 Tlp 0265-545203 Fax 0265-541499


info@sman1spa.sch.id

TLP : 0265545203


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 1580044
Pengunjung : 502411
Hari ini : 183
Hits hari ini : 884
Member Online : 130
IP : 3.237.15.145
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Rina Herlina (Siswa)
    2017-05-16 20:13:02

    Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan
  • Dickry Abil Barry Pratama (Siswa)
    2016-12-15 05:34:42

    Can\'t wait The holiday
  • Dickry Abil Barry Pratama (Siswa)
    2016-11-11 19:58:44

    Laju Reaksi ☆
  • Salma Nabilla Maulida (Siswa)
    2016-11-04 18:38:37

    Kenapa ya belajar kimia sulit dipahami? mengertinya sebentar, sulit diingat
  • Rina Herlina (Siswa)
    2016-10-26 19:15:38

    Di balik kesulitan pasti ada kemudahan 😇
  • Rina Herlina (Siswa)
    2016-10-26 19:15:38

    Di balik kesulitan pasti ada kemudahan 😇
  • Ilham Saputra Ramdani (Siswa)
    2016-10-26 11:42:43

    tugas kimia barudak.
  • Dickry Abil Barry Pratama (Siswa)
    2016-10-22 09:21:23

    Termokimia 💋
  • Risnawa Puji Astuti (Siswa)
    2016-10-22 09:08:32

    Apa yang Anda pikirkan?
  • Erni Yupitasari (Siswa)
    2016-10-21 03:24:37

    Apa yang Anda pikirkan?

 

 

 

Berdasarkan kesepakatan dan ketetapan dari SMA Negeri 1 Singaparna, bahwa impelementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tahun pelajaran 2023/2024 pada semester Ganjil dan Genap, antara lain menetapkan ;

  1. Dimensi P5 untuk SMA Fase E (Kelas X)
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  3. Berkebhinekaan global
  4. Bergotong Royong
  5. Mandiri
  6. Bernalar Kritis
  7. Kreatif

 

  1. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
  • Tema Gaya Hidup Berkelanjutan.
  • Kewirausahaan
  • Tema Kearifan Lokal.

 

  1. Judul Projek Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Semester Ganjil :

Projek 1 : Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) sebagai tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”,

Projek 2 : Budidaya Hidroponik Statis  sebagai tema : Kewirausahaan

Semester Genap :

Projek 3 : Sistem Masyarakat Kampung Naga  sebagai tema : Kearifan Lokal

 

 

  1. Jenis-Jenis Teknik Penanaman Hidroponik

 

Jenis-jenis hidropinik dapat dibagi secara garis, antara lain ;

  • Kultur Air. Hidroponikkultur air atau water culture system merupakan teknik yang cukup sederhana dari jenis hidroponik.
  • Sistem sumbu adalah jenissistem hidroponik yang paling sederhana dan tidak memerlukan listrik, pompa, atau aerator.
  • Statis

Aeroponik adalah sistem bercocok tanam di udara tanpa menggunakan tanah. Jadi, akar tanaman dibiarkan tumbuh menggantung tanpa media tanah, pada tempat yang telah dijaga kelembapannya. Sistem tanam ini memerlukan air dan sekilas hampir sama dengan hidroponik. Sedangkan suplai nutrisi dipenuhi dengan cara menyemprotkan air bernutrisi ke akar tanaman secara langsung. Pada media tanam tanah dan air, suplai oksigen dan air menjadi faktor yang membatasi pertumbuhan tanaman.

  1. Langkah-langkah Menyusun Projek Budidaya Hidroponik Statis
  1. Memahami tentang P5 dan Dimensi serta Tema Projek yang dikembangakan di SMAN 1 Singaparna
  2. Ingat kembali dimensi P5 :
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  • Berkebhinekaan global
  • Bergotong Royong
  • Mandiri
  • Bernalar Kritis
  • Kreatif
  1. Tema Projek :
  • Gaya Hidup Berkelanjutan : Judul Projek : Pembuatan POC (smt 1)
  • Kewirausahaan : Judul Projek : Budidaya Hidroponik Statis (smt 1)
  • Kearifan Lokal : Judul Projek : Sistem Masyarakat Kampung Naga (smt 2)
  1. Dibuat kelompok kerja : Satu (1) kelas maksimal 6 kelompok, satu (1) kelompok terdiri atas umumnya 6 peserta didik
  2. Bersama guru atau wali kelas menentukan dan menetapkan ketua kelompok projek
  3. Membuat rancangan pembagian kerja peserta didik dalam kelompok
  4. Melaksanakan projek P5 yang telah ditentukan satuan pendidikan
  5. Peserta didik dalam kelompok projek melaksanakan apa yang ditugaskan oleh guru dengan baik
  6. Guru membuat perencanaan asesmen kualitatif kegiatan projek P5 yaitu terkait dengan dimensi P5 yang telah ditetapkan atau tujuan pembelajaran projek tersebut
  7. Guru dan peserta didik membuat jadwal perencanaan projek P5 yang telah ditetapkan

Keterangan.

Sedangkan untuk tahap perawatan dan penilaian P5 semua kelas (X-1 s.d. X-12) tetap melaksanakan Projek 2 ini, yaitu Budidaya Hidroponik Statis

Karena keterbatasan lahan dan waktu untuk sementara :

Kelas X-1 s.d. X-4 ( 4 Kelas : 20 Kelompok) melaksanakan Kegiatan Projek “Budidaya Hidroponik Statis”

Kelas X-5 s.d. X-12 (8 Kelas : 40 Kelompok melaksanakan Kegiatan Projek “Pembuatan POC”

 

Foto-foto Kegiatan Budidaya Hidroponik Statis

 

 

 

Posted By. M. Arif Hasan 2023